Nama : Nur OktaFiyani
NPM : 26213623
(ganjil)
Kelas : 4EB10
Pemeriksaan Akuntansi Lanjut**
PERTANYAAN KAJI ULANG
1. Bedakan
antara profesional sistem, pengguna akhir, dengan pemegang kepentingan.
-
Professional system (systems
professional) adalah analisis, teknisi system, dan programmer, orang-orang
inilah yang akan benar-benar membangun system.mereka mengumpulkan berbagai
fakta mengenai masalah dalam system yang telah ada, menganalisis fakta tersebut.
Hasil dari usaha mereka adalah system baru.
-
Pengguna akhir (end user) adalah pihak
untuk siapa system dibangun. Terdapat banyak pengguna akhir dengan berbagai
tingkatan dalam sebuah perusahaan. Para pengguna tersebut meliputi para
manajer, personel operasional, akuntan, dan auditor internal. Dalam beberapa
perusahaan, sulit untuk menemukan pihak yang bukan pengguna. Dalam proses
pengembangan system, professional system bekerja bersama para pengguna utama
untuk mendapatkan pernyataan yang jelas mengenai kebutuhan mereka.
-
Pemegang kepentingan (stakeholder)
adalah orang-orang di dalam atau di luar perusahaan yang memiliki kepentingan
atas system terkait akan tetapi bukan merupakan pengguna akhir system tersebut.
Orang-orang ini meliputi akuntan, auditor internal dan eksternal, serta komite
pengarah internal yang mengawasi pengembangan system.
3. Apa
saja tiga masalah yang menyebabkan kegagalan sistem?
-
Kurangnya penyesuaian pengembangan
sistem
-
Pengembangan sistem yg tidak dapat
dipelihara
-
Adanya kerusakan dan kesalahan rancangan
5. Siapa
yang harus masuk dalam komite pengarah? Apa saja tanggung jawab komite tersebut
pada umumnya?
CEO, direktur keuangan, direktur
informasi, pihak manajemen senior dari berbagai area pengguna, auditor
internal, dan pihak manajemen senior dari layanan komputer.
Tanggung jawabnya:
-
Mengatasi berbagai konflik yang timbul
dari sistem yang baru
-
Mengkaji berbagai proyek dan menetapkan
prioritas
-
Menganggarkan dana untuk pengembangan
sistem
-
Mengkaji status tiap proyek yang sedang
berjalan
-
Menentukan melalui berbagai titik
pemeriksaan di seluruh SDLC apakah akan melanjutkan proyek atau
menghentikannya.
7. Apa
yang dimaksud dengan perencanaan strategis dan mengapa harus dilakukan?
Berhubungan dengan
kerangka waktu tiga hingga lima tahun. Rencana sistem strategis berkaitan
dengan alokasi berbagai sumber daya sistem seperti karyawan (jumlah profesional
sistem yang harus dikontrak), peranti keras (dana yang dialokasikan untuk
jaringan dan EDI). Mengapa harus dilakukan?
-
Rencana yang berubah secara konstan
lebih baik daripada tidak ada rencana
-
Perencanaan strategis mengurangi
komponen krisis dalam pengembangan sistem
-
Perencanaan strategis sistem memberikan
pengendalian otorisasi untuk SDLC
-
Perencanaan sistem strategis memang
selalu berhasil baik
9. Apa
yang dimaksud dengan pendekatan desain berorientasi objek (object oriented
design – OOD)?
OOD
(Object Oriented Design) adalah metode mendesain yang mencakup proses
pendekompoisisan objek dan digambarkan dalam notasi sehingga bisa menggambarkan
static dan dynamic model sistem baik secara logical dan/atau physical.
11.
Apa saja teknik utama dalam mengumpulkan
fakta?
o
Observasi
o
Keterlibatan dalam pekerjaan
o
Wawancara personal
o
Mengkaji beberapa dokumen penting
13.
Bedakan antara sumber data, penyimpanan
data, dengan aliran data
·
Sumber Data : sumber data meliputi
berbagai entitas eksternal, seperti pelanggan atau vendor, serta sumber-sumber
internal dari berbagai departemen lainnya.
·
Penyimpanan data : penyimpanan data
berbentuk file , baris data, akun, dan berbagai dokumen sumber yang digunakan
dalam sistem.
·
Aliran data : aliran data diawali dengan
perpindahan berbagai dokumen dan laporan antar sumber data, penyimpanan data,
pekerjaan pemrosesan, dan pengguna. Aliran data juga dapat diwakili dalam
berbagai diagram UML.
15.
Apa tujuan dari analisis sistem, dan apa
jenis informasi yang harus dimasukkan ke dalam laporan analisis sistem?
Tujuannya
menganalisis secara simultan ketika melakukan pengumpulan fakta. Jenis
informasi:
o
Menyajikan pihak manajemen atau komite
pengarah berbagai temuan survey
o
Masalah yang diidentifikasi dalam sistem
yang ada
o
Kebutuhan pengguna
o
Kebutuhan sistem yang baru
17.
Apa saja dua pendekatan dalam desain
konseptual sistem
o
Pendekatan terstruktur
o
Pendekatan beorientasi objek
19.
Apa yang dimaksud dengan objek, dan apa
saja karakteristik pendekatan beorientasi objek? Berikan 2 contoh.
objek
merupakan adalah lokasi di memori yang memiliki nilai dan direferensikan oleh
pengidentifikasi. Karakteristiknya, mengembangkan sistem informasi dari
berbagai komponen atau objek standar yang dapat digunakan kembali. Contohnya
yaitu proses dalam pembuatan mobil
21.
Siapa yang seharusnya dilibatkan dalam
kelompok pengevaluasi independen dalam melakukan studi kelayakan terperinci?
Auditor
dan Komite Pengarah
23.
Klasifikasikan hal2 berikut ini sebagai biaya
yang timbul sekali atau berulang :
a) Melatih
perosnel
b) Pemrograman
dan pengujian awal
c) Desain
sistem
d) Biaya
peranti keras
e) Biaya
pemeliharaan peranti lunak
f) Persiapan
lokasi
g) Sewa
fasilitas
h) Konversi
data dari sistem lama ke sistem baru
i) Biaya
asuransi
j) Instalasi
perlengkapan awal
k) Pembaruan
peranti keras
Biaya Yang timbul
sekali
a) Melatih
perosnel
b) Pemrograman
dan pengujian awal
c) Desain
sistem
f) Persiapan
lokasi
h) Konversi
data dari sistem lama ke sistem baru
j) Instalasi
perlengkapan awal
Biaya yang berulang
d) Biaya
peranti keras
e) Biaya
pemeliharaan peranti lunak
g) Sewa
fasilitas
i) Biaya
asuransi
k) Pembaruan
peranti keras
25.
Diskusikan berbagai kebaikan dari
peranti lunak yang dikembangkan secara internal dengan yang dikembangkan secara
komersial.
·
Menurut saya peranti lunak yang
dikembangkan secara internal lebih mudah digunakan dan mudah di modifikasi dan
di distribusikan ulang dengan lisensi apapun serta bisa mendesain sendiri contoh : Apache dan MySQL
·
Menurut saya peranti lunak yang dikembangkan
secara komersial itu lebih menguntungkan karena mempunyai hak cipta dan
biasanya dikembangkan oleh kalangan bisnis untuk memperoleh keuntungan baru
dari penggunanya dan juga biaya yang relative murah contoh : MYOB dan Microsoft
Office
27.
Mengapa data uji harus disimpan setelah
digunakan ?
Karena
akan memberikan manfaat di masa mendatang, untuk memfasilitasi pengujian di
masa mendatang, data uji yang dibuat dalam taham implementasi seharusnya
disimpan untuk digunakan kembali. Data uji ini memberikan auditor kerangka
rujukan untuk mendesain dan mengevaluasi berbagai pengujian audit di masa
mendatang.
29.
Dokumen Apa saja yang biasanya tidak
dibutuhkan oleh pemegang kepentingan lain akan tetapi dibutuhkan akuntan dan
auditor untuk sistem baru
1. Dokumentasi
operator
2. Dokumentasi
pengguna
3. Dokumentasi
desainer dan programer
PERTANYAN DISKUSI
1. Berikan
pendapat anda mengenai pernyataan berikut ini ‘ tahap pemeliharaan dalam SDLC
melibatkan perubahan mendasar yang mengakomodasi perubahan kebutuhan pengguna’
Menurut saya : karena kebutuhan
pengguna terhadap sistem berubah-ubah sesuai kebutuhan yang di pakai maka
sistem lah yang harus menyesuaikan kebutuhan penggunanya. sistem yang tidak
memenuhi kebutuhan pengguna ,maka sistem tersebut disebut gagal.
3. Apakah
rencana strategis yang baik berorientasi pada perincian ?
Tidak , karena rencana
strategis menghindari terlalu banyak perincian. Rencana tersebut harus
memungkinkan para spesialis sistem untuk membuat keputusan berdasarkan
informasi yang memadai dengan mempertimbangkan berbagai factor yang relevan,
seperti harga, ukuran kinerja, ukuran keamanan dan pengendalian.
5.
Apa tujuan yang diberikan
proposal proyek sistem ? bagaimana tujuan ini dievaluasi dan dibuat
prioritasnya ? apakah proses pembuatan prioritas adalah proses yang objektif
atau subjektif ?
Memberikan pihak manajamen dasar untuk
memutuskan apakah akan melanjutkan proyek atau tidak. Proposal formal melyani
dua tujuan, pertama , proposal tersebut meringkas berbagai temuan dari
penelitian yang dilakukan pada tahap ini menjadi rekomendasi umum untuk sistem
baru atau modifikasi sistem. Hal ini memungkinkan pihak manajemen mengevaluasi
masalah yang dianggap ada bersama dengan sistem yang diusulkan sebagai solusi
yang layak dijalankan. Kedua, proposal
tersebut menggambarkan secara garis besar hubungan antara tujuan dari sistem
yang diusulkan dengan tujuan bisnis perusahaan, terutama dengan yang
digambarkan secara umum dalam rencana strategi TI. Proposal ini menunjukkan
bahwa sistem baru yang diusulkan sesuai dengan arah strategis perusahaan.
Proses yang objektif.
7. Kurangnya
dukungan dari pihak manajemen puncak mengarah
pada kegagalan proyek sistem baru selama tahap implementasi . mengapa
menurut anda dukungan dari pihak manajemen begitu penting ?
Menurut Saya : manajemen puncak berpengaruh terhadap
aktifitas data perlengkapan yg dibeli, karyawan, sistem di dokumentasikan dan
sistem yang abru di install. Serta manajamen puncak yang mengatur keuangan dan
mengatur jam kerja personel untuk tahap implementasi ini sehingga manajemen
puncak sangat berpengaruh terhadap proses pembuatan sistem baru.
9. Bandingkan
dan bedakan antara pendekatan desain terstruktur dan pendekatan berorientasi
objek. Mana menurut anda yang lebih menguntungkan, mengapa ?
·
Pendekatan tersturuktur : cara dari atas ke bawah dan secara tersusun
dan bertahap biasanya berbentuk diagram aliran data dan diagram terstruktur
·
Pendekatan obejk : mengembangkan sistem
infrmasi dari berbagai kompnen atau objek standar yang dapat digunakan kembali.
Bisa di ibaratkan proses pembuatan mobil, tahap pertama apa dulu yang dipasang
kemdian tahp kedua dan selanjutnya.
Menurut saya yang lebih
menguntungkan yaitu pendekatan objek karena sistem hanya membutuhkan sedikit
biaya karena objek yang di pakai telah diketahui dan juga pengurangan waktu
serta fleksibilitas dalam proses pengembangan.
11.
Manfaat tidak berwujud biasanya sangat
sulit diukur secara akurat. Beberapa desainer beragumentasi bahwa jika anda
tidak memperhitungkannya, maka akan dihasilkan perkiraan yang konservatif.
Manfaat lebih apapun akan diterima, tetapi tidak di isyaratkan untuk
keberhasilan sistem yang baru. Apa saja bahaya sudut pandang ini ?
Menurut
saya bahaya dari sudut pandang di atas yaitu tidak melihat ke masa depan , jika
tidak diukur manfaatnya sama saja dia akan menanggung resiko kegagalan sistem
karena konsumen yang menggunakan tidak akan selalu menerima manfaat dari sistem
itu sendiri.
13.
Selama prosedur data uji, mengapa
pengembang harus menguji data yang buruk ?
Karena untuk mengetahui
bagaimana pengaruh sistem tersebut terhadap data yang buruk.maka sistem
tersebut dapat dievaluasi sejak dini dan dapat di identifikasi sehingga
perusahaan dapat mempertimbangkan sistem yang akan di gunakan untuk mencapai
tujuan perusahaan.
15.
Buku petunjuk operasi untuk operator
computer secara teori sama dengan daftar periksa bagi pilot pesawat yang
digunakan untuk lepas landas dan mendarat. Jelaskan kenapa buku ini sangat
penting ?
Karena bagi pilot haruslah
menggunakan buku petunjuk untuk mengetahui informasi-informasi penting untuk
mencapai tujuan dan keselamatan para penumpangnya , sama juga halnya dengan
petunjuk operasi untuk operator computer ,dalam mengoperasikan computer seharusnya
menggunakan buku pentunjuk untuk dapat mencapai tujuan yang seharusnya.
17.
Diskusikan peran penting melibatkan
akuntan dalam tahap desain terperinci dan implementasi. Pekerjaan apa saja yang
dilakukan oleh akuntan?
Pada
tahap desain terperinci peran akuntan diperlukan unntuk menjamin mutu dari
dokumentasi sistem terbebas dari kesalahan apapun yang terdeteksi. Kalau pada
tahap implementasi Peran seorang akuntan dalam hal ini peran profesi akuntan
publik (auditor) yaitu menyediakan keahlia teknis, menspesifikasikan standar
dokumentasi dan memverifikasi kecukupan pengendalian.
19.
Diskusikan berbagai ukuran kelayakan
yang harus dipertimbangkan. Berikan contoh untuk tiap ukuran tersebut.
1. Kelayakan
hukum : pembuat keputusan harus memastikan diri bahwa sistem yang diusulkan
tidak melanggar batasan hukum yang ada. Contohnya : suatu sistem diterapkan
akan tetapi melanggra privasi serta kerahasiaan yang disimpan
2. Kelayakan
operasional : menunjukan tingkat kesesuaian antara prosedur perusahaan yang ada
dengan berbagai keahlian serta kebutuhan operasional yang baru. Contohnya :
saat sistem di terapkan kita melihat dulu apakah sistem ini layak untuk
digunakan atau tidak.
3. Kelayakan
jadwal : berhubungan dengan kemampuan perusahaan untuk mengimplementasikan
proyek tersebut dalam waktu yang dapat di toleransi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar