1. PEMASARAN :
Pemasaran (bahasa Inggris: marketing) adalah proses penyusunan
komunikasi terpadu yang bertujuan untuk
memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam
kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Pemasaran dimulai dengan pemenuhan
kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya,
seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya.
Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia
tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya
yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa.
Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan
dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa.
Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan
keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan
produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan
mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran
disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep
dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan
kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.
2.
PEMASARAN SERING DISEBUT SEBAGAI PERMINTAAN
Umumnya orang beranggapan bahwa
manajemen pemasaran berkaitan dengan upaya pencarian pelanggan dalam jumlah
besar untuk menjual produk yang telah dihasilkan perusahaan. Tetapi pandangan
ini terlalu sempit, karena biasanya suatu organisasi (perusahaan) akan
menghadapi kondisi permintaan produk yang tingkatannya berbeda-beda. Pada suatu
saat mungkin tidak ada permintaan terhadap produknya, mungkin permintaannya
cukup, permintaannya tidak teratur, atau terlalu banyak permintaan, sehingga
manajemen pemasaran harus mencari jalan untuk mengatasi keadaan permintaan yang
berubah-ubah ini. Jadi, manajemen pemasaran tidak saja berkaitan dengan upaya
mencari dan meningkatkan permintaan, tetapi juga mengelola permintaan pada saat
tertentu.
kegiatan
pemasaran yang meliputi empat macam hal atau masalah yang secara bersama-sama
harus dipadukan menjadi satu kesatuan sehingga akan merupakan satu paket
program yang terintegrasikan dengan baik. Integrasi atau perpaduan dari 4 macam
hal itu akan merupakan kunci suksesnya kegiatan pemasaran. Perpaduan tidak
boleh hanya bersifat penggabungan antara satu dengan yang lain secara
terpisah-pisah, akan tetapi harus betul-betul menyatu dan saling
topang-menopang antara masalah yang satu dengan yang lain. Dengan perpaduan
yang baik maka akan terjadilah ”sinergi” antara satu masalah dengan masalah
yang lain sehingga menjadi saling menopang dan saling memperkuat serta saling
membantu apabila terjadi goncangan di kemudian hari. Empat macam hal tersebut
adalah : produk, harga, promosi, dan distribusi yang sering disebut bauran
pemasaran.
Manajemen pemasaran berupaya
mempengaruhi tingkat dan karakter permintaan dengan cara yang akan membantu
pencapaian tujuan organisasi. Karena itu manajemen pemasaran sering disebut
juga sebagai manajemen permintaan.
3.
BEDA KEBUTUHAN DAN KEINGINAN BERDASARKAN KONSEP INTI PEMASARAN BESERTA
CONTOH
Perbedaan
Kebutuhan dan Keinginan Berdasarkan Konsep Inti Pemasaran
· KEBUTUHAN
Konsep dasar yang melandasi pemasaran adalah kebutuhan
manusia. Kebutuhan
adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Manusia
mempunyai banyak kebutuhan yang kompleks. Kebutuhan manusia yang kompleks
tersebut karenabukan
hanya fisik (makanan, pakaian, perumahan dll), tetapi juga rasa aman,
aktualisasi diri, sosialisasi, penghargaan, kepemilikan. Semua kebutuhan
berasal dari masyarakat konsumen, bila tidak puas konsumen akan mencari produk atau jasa yang
dapat memuaskan kebutuhan tersebut.
· KEINGINAN
Keinginan
adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap
kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam Bentuk kebutuhan manusia dihasilkan
oleh budaya
dan kepribadian individual. Keinginan digambarkan dalam bentuk obyek yang
akan memuaskan kebutuhan mereka atau keinginan adalah hasrat akan penawar
kebutuhan yang spesifik. Masyarakat yang semakin berkembang, keinginannya juga
semakin luas, tetapi ada keterbatasan dana, waktu, tenaga dan ruang, sehingga
dibutuhkan perusahaan yang bisa memuaskan keinginan sekaligus memenuhi
kebutuhan manusia dengan menenbus keterbatasan tersebut, paling tidak
meminimalisasi keterbatasan sumber daya. Contoh : manusia butuh makan, tetapi
keinginan untuk memuaskan lapar tersebut terhgantung dari budayanya dan
lingkungan tumbuhnya. Orang Yogya akan memenuhi kebutuhan makannya dengan
gudeg, orang Jepang akan memuaskan keinginannya dengan makanan sukayaki dll.
· PERMINTAAN
Dengan keinginan dan kebutuhan serta keterbatasan sumber
daya tersebut, akhirnya manusia menciptakan permintaan akan produk atau jasa
dengan manfaat yang paling memuaskan. Sehingga muncullah istilah permintaan,
yaitu keinginan menusia akan produk spesifik yang didukung oleh kemampuan dan
ketersediaan untuk membelinya.
·
PRODUK (Organisasi, jasa, ide)
Sejalan dengan munculnya kebutuhan, keinginan dan
permintaan, perusahaan berusaha keras untuk mempelajarinya, mereka melakukan
riset pemasaran, mengamati perilaku konsumen, menganalisis keluhan yang dialami
konsumen, mencari jawaban produk atau jasa apa yang sedang disukai atau bahkan
produk apa yang tidak disukai, dan lain-lain. Dengan kegiatan diatas, akhirnya
perusahaan dapat menawarkan segala sesuatu kepada pasar untuk diperhatikan,
untuk dimiliki atau dikonsumsi sehingga konsumen dapat memuaskan kebutuhan
sekaligus keinginannya, sesuatu itu disebut produk. Produk tidak hanya mencakup
obyek fisik, tetapi juga jasa, orang, tempat, organisasi ataupun gagasan.
Contoh : perusahaan manufaktur menyediakan : barang (komputer, monitor,
printer), jasa (pengiriman, pemasangan, pelatihan, perbaikan, dan
pemeliharaan), ide / gagasan (kekuatan / keunggulan jenis komputer)
· NILAI PELANGGAN
Karena semua perusahaan berusaha menwarkan produk dan
jasa yang superior, maka konsumen dihadapkan pada pilihan yang beraneka ragam.
Konsumen membuat pilihan pembeli berdasarkan pada persepsi mereka mengenai
nilai yang melekat pada berbagai produk dan jasa ini. Nilai bagi pelanggan
adalah selisih antara nilai total yang dinikmati pelanggan karen memiliki serta
menggunakan suatu produk dan biaya total yang menyertai produk tersebut. Nilai
total antara lain nilai dari produk, jasa, personil pemasar, biaya waktu, biaya
energi yang dikeluarkan, biaya psikis. Setelah pemberian nialai, konsumen akan
mengevaluasi dan hasil evaluasi ini akan mempengaruhi kepuasan dan peluang
untuk membeli ulang produk tersebut.
· KEPUASAN PELANGGAN
Kepuasan pelanggan tergangtung pada anggapan kinerja
produk dalam menyerahkan nilai relative terhadap harapan pembeli. Bila kinerja
atau prestasi sesuai atau bahkan melebihi harapa, pembelinya merasa puas.
Perusahaan yang cerdik mempunyai tujuan membuat gembira pelanggan dengan hanya
menjanjikan apa yang dapat merekaserahkan, kemudian menyerahkan lebih banyak
dari yang mereka janjikan.
· MUTU
Kepuasan pelanggan berkaitan erat dengan mutu, yang saat
ini ada istilah Total Quality Management (TQM) yaitu program yang dirancang
untuk memperbaiki mutu produk, jasa dan proses pemasaran secara terus menerus.
TQM memiliki komitmen antara lain :
-focus
terhadap pelanggan
-memiliki
obsesi yang tinggi terhadap kualitas
-menggunakan
pendekatan ilmiah dalam pengambilan keputusan dan pemecahan masalah
-memiliki
komitmen jangka panjang, membutuhkan kerja sama tim, memperbaiki proses
-memperbaiki
proses secara kesinambungan
-menyelenggarakan
pendidikan dan pelatihan untuk karyawan
· PERTUKARAN
Pertukaran adalah tindakan untuk memperoleh barang yang
dikehendaki dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai imbalan.
Ada 5 kondisi yang harus dipenuhi agar pertukaran dapat
terjadi:
-terdapat
sedikitnya dua pihak
b.masing-masing pihak memiliki sesuatu yang mungkin
berharga bagi pihak lain
-masing-masing
pihak mampu berkomunitas dan melakukan penyerahan
d.Masing-masing pihak bebas menerima atau menolak tawaran
pertukaran
e.Masing-masing pihak yakin bahwa berunding
dengan pihak lain adalah layak dan bermanfaat (negoisasi)
· TRANSAKSI
Transaksi adalah perdagangan antara dua pihak, yang
paling sedikit melibatkan dua macam nilai, persetujuan mengenai kondisi, waktu
dan tempat.
· HUBUNGAN
Proses menciptakan, memelihara, dan meningkatkan hubungan
erat yang semakin bernilai dengan pelanggan dan pihak-pihak yang berkepentingan
yang lain dengan kata lain hubungan adalah praktik membangun hubungan jangka
panjang yang memuaskan dengan pihak-pihak pelanggan, pemasok (supplier),
penyalur (distributor), guna mempertahankan bisnis jangka panjang mereka. Agar
hubungan dapat tercipta dalam jangka panjang antara lain:
-saling mempercayai, saling menguntungkan
-menjanjikan
dan memberikan kualitas yang tinggi, pelayanan yang baik, harga yang pantas
antar pihak
-menghasilkan
ikatan ekonomi, teknik dan sosial yang kuat antar pihak yang berkepentingan
-menekan biaya transaksi dan waktu pencarian
pelanggan
· JARINGAN
Jeringan terdiri dari perusahaan dan semua pihak-pihak
pendukung ; pelanggan, supliré, distributor, pengecer, agen iklan, ilmuwan dan
pihak lain yang bersama-sama dengan firm telah membangun hubungan bisnis yang
saling menguntungkan.
· PASAR
Pasar terdiri dari semua pelanggan potencial yang
memiliki kebutuhan atau keinginan tertentu yang sama, yang mungkin bersedia dan
mampu melaksanakan pertukaran untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan itu.
· PEMASAR DAN CALON PEMBELI
Seseorang yang mencari satu atau lebih calon pembeli yang
akan terlibat dalam pertukaran tersebut. Calon pembeli adalah seseorang yang
diidentifikasikan oleh pemasar sebagai orang yang mungkin bersedia dan mampu
terlibat dalam pertukaran tersebut.
· Jadi konsep inti pemasaran adalah :
-proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran
-penetapan harga, promosi
-penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk
menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu dan organisasi.
SUMBER:
1.
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran
2.
http://xerma.blogspot.com/2013/08/pengertian-manajemen-pemasaran.html
3.
http://infobangfirman.blogspot.com/2011/11/manajemen-pemasaran-konsep-inti.html
Nama: Nur Oktafiyani
1EB03
26213623
S1-AKUNTANSI,DEPOK.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar