Franchise
Kata pengantar
Puji syukur Kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat
limpahan rahmat dan karunianya Penulis dapat menyelesaikan tugas Paper
Pengantar Bisnis dengan baik dan lancar tepat pada waktunya. Paper ini disusun
untuk memenuhi salah satu tugas pada mata kuliah Pengantar Bisnis dan untuk mengetahui
perkembangan franchise di dunia khususnya franchise Indomart di Indonesia.
Penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak
yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu telah memberikan bantuan
sepenuhnya dalam penyelesaian paper ini. Penulis menyadari didalam penyusunan
paper ini tidaklah sempurna masih banyak terdapat kesalahan dan kekurangan
dalam penulisannya. Oleh karena itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran
yang bersifat membangun agar penyusunan paper berikutnya akan lebih baik.
Penulis berharap semoga paper ini dapat bermanfaat bagi Penulis sendiri dan
khususnya bagi semua pihak.
Bab I
Pendahuluan
Latar belakang
Dalam masa pembangunan ini, pasar merupakan salah
satu saranan pemasaran produk yang dibutuhkan dalam upaya pemenuhan kebutuhan
manusia. Akan tetapi, di era globalisasi saat ini pasar tradisional walaupun
masih dibutuhkan namun sudah kurang memadai lain sebagai sarana atau tempat
belanja bagi masyarakat kota yang sudah memiliki selera dan gaya hidup moderen.
Saat ini terlihat semakin banyak kecederungan masyarakat untuk memilih tempat
berbelanja yang mengutamakan kenyamanan, keamanan, kelengkapan, dan untuk
menghilangkan kejenuhan, persyaratan tersebut dapat kita jumpai pada
minimarket.
Di Indonesia bisnis ini terus berkembang
dengan kebutuhan penduduk yang jumlahnya terus mengingkat. Salah satu bisnis
ritel uang kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari adalah minimarket.
Perbedaan latar belakang kebudayaan, sikap, nilai dan gaya hidup secara tidak
langsung mendasari pandangan atau persepsi mereka terhadap berbagai kualitas
pelayanan yang dimiliki oleh waralaba yang pada akhirnya akan turut
mempengaruhi pola perilaku mereka dengan membeli suatu produk. Oleh karena itu,
pihak pengusaha pasar ritel dituntut untuk memberikan suatu bentuk pelayanan
yang memuaskan dan dapat memenuhi selera konsumen. Ini merupakan suatu
kenyataan dan tantangan yang harus dihadapi oleh pengusaha toko waralaba jaringan konsumen.
Tujuan
Makalah ini ditulis agar
pembaca dapat mengerti tentang franchise, serta kelebihan dan kekurangan dari
usaha franchise.
Bab II
Pembahasan
Proses
Di Indonesia franchise
dikenal sejak era 70an ketika masuknya Shakey Pisa, KFC, Swensen dan Burger
King. Perkembangannya terlihat sangat pesat dimulai sekitar 1995. Data
Deperindag pada tahun 1997 mencatat sekitar 259 perusahaan penerima waralaba di
Indonesia. Setelah itu, usaha franchise mengalami kemerosotan karena terjadi
krisis moneter. Para penerima waralaba asing terpaksa menutup usahanya karena
nilai rupiah yang terperosok sangat dalam. Hingga tahun 2000, franchise asing
masih menunggu untuk masuk ke Indonesia. Hal itu disebabkan kondisi ekonomi dan
politik yang belum stabili ditandai dengan perseteruan para elit politik.
Barulah pada tahun 2003, usaha franchise di tanah air mengalami perkembangan
yang sangat pesat.
Franchise pertama kali
dimulai di Amerika oleh Singer Sewing Machine Company, produsen mesin jahit
Singer pada tahun 1851. Pola itu kemudian diikuti oleh perusahaan otomotif
General Motor Industry yang melakukan penjualan kendaraan bermotor dengan
menunjuk distributor franchise pada tahun 1898. Selanjutnya, diikuti pula oleh
perusahaan-perusahaan soft drink di Amerika sebagai saluran distribusi di AS
dan negara-negara lain. Sedangkan di Inggris waralaba dirintis oleh J Lyons
melalui usahanya Wimpy and Golden Egg pada dekade 60an.
Pengertian
Franchise adalah adalah
hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan.
Sedangkan menurut versi
pemerintah Indonesia, yang dimaksud dengan franchise adalah perikatan dimana
salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari
kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki
pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh
pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.
Menurut Asosiasi Franchise
Indonesia, yang dimaksud dengan franchise ialah suatu sistem pendistribusian
barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor)
memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan
merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya
dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.
Jenis-jenis franchising
Franchising memiliki dua jenis usaha yang ada
didalam maupun diluar negeri :
·
Franchising luar negri
(asing),
di Indonesia memiliki pewaralaba asing yang bnyak sekali menggeluti bisnis ini
sebut saja contohnya : Mc Donald, A&W, KFC, Pizza hut, Dunkin donuts, Baski robins,
dll.
·
Franchising dalam negeri
(local),
contohnya : Beef bowl, Indomaret, Es Teller 77, Holland bakery, dll.
Keuangan
Biaya franchise meliputi :
·
Ongkos awal, dimulai dari Rp. 10 juta
hingga Rp. 1 miliar. Biaya ini meliputi pengeluaran yang dikeluarkan oleh
pemilik waralaba untuk membuat tempat usaha sesuai dengan spesifikasi
franchisor dan ongkos penggunaan HAKI.
·
Ongkos royalti, dibayarkan pemegang
waralaba setiap bulan dari laba operasional. Besarnya ongkos royalti berkisar
dari 5-15 persen dari penghasilan kotor. Ongkos royalti yang layak adalah 10
persen. Lebih dari 10 persen biasanya adalah biaya yang dikeluarkan untuk
pemasaran yang perlu dipertanggungjawabkan.
Indomaret
Kegiatan
·
Beasiswa Indomaret untuk 1.500 siswa SD
Komitmen
ini mendasari Indomaret setiap tahun memberikan beasiswa kepada mereka. Tahun
ini beasiswa diberikan kepada 1.500 siswa di 300 SD di Jawa, Bali, Sumatera dan
Sulawesi Selatan.Beasiswa berupa uang tunai dan bingkisan dan untuk sekolah peralatan belajar mengajar.
Beasiswa
di wilayah Medan diserahkan Marketing Director PT Indomarco Prismatama, Wiwiek
Yusuf didampingi Branch Manager Medan, Naruji (kiri) di SDN 064998 Medan Marelan, Medan , Selasa
(4/10). Indomaret akan merenovasi gedung SDN 064998 Medan Marelan dan membuat
taman sekolah. Kursi dan meja juga akan diganti
karena yang sekarang dipakai anak-anak sudah tidak layak.
·
Indomaret Galang Dana Kemanusiaan dengan
PMI
Indomaret
bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) menggalang dana kemanusiaan.
Usai peresmian, Jusuf Kalla belanja di Indomaret dan menyumbang program kemanusiaan ini. Program kemanusiaan dengan PMI akan
dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan pertolongan pertama dan tanggap darurat
bencana bagi karyawan Indomaret.
·
Voucher Game Online UniPin Eksklusif di
Indomaret
Para
pecinta game online kini mendapatkan layanan baru dengan diluncurkannya voucher
game online UniPin oleh PT 24 Jam Online bersama dengan Indomaret di Jakarta,
Selasa (19/7). Voucher Game Online UniPin ini hanya tersedia eksklusif di
Indomaret.
Berbeda
dengan game online lainnya, setiap mengisi ulang voucher UniPin para gamers
akan memberikan kontribusi terhadap pelestarian lingkungan. Peluncuran ini juga
ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman untuk program pelestarian
lingkungan hidup.
Marketing
Director PT. Indomarco Prismatama, Wiwiek Yusuf mengatakan, Indomaret hadir
dengan memberikan kemudahan dan menambah fasilitas untuk anak muda dalam
penyediaan voucher UniPin. Dengan jaringan lebih dari 5482 gerai Indomaret
angka Rp. 1 milyar adalah angka optimis bisa terpenuhi. Voucher UniPin
diterbitkan dalam 4 varian, 10.000, 20.000, 50.000 dan 100.000.
·
Album Indomaret Raih 3 AMI Awards
Album
Indomaret “Suara Emas Sang Juara” meraih 3 penghargaan Anugrah Musik Indonesia
(AMI) Awards, Rabu Malam (6/7). Pada perhelatan AMI ke-14 ini Album Indomaret
mendapat 6 nominasi terbaik kategori Artis solo wanita, Kolaborasi grup Ashira
Brothers, juara FOGI Dewasa, The Ladies, juara FOGI Remaja, Fortunate Kids,
juara FOGI anak-anak, Pencipta lagu anak (lagu Mama, Aku Ingin Pulang),
Produser/Penata musik (lagu Burung Berkicau).
Suara
Emas Sang Juara terdiri dari kumpulan lagu anak-anak terpopuler yang di
aransemen ulang oleh Elfa Secioria (alm) dan terdapat 2 lagu karyanya terakhir,
Mama, Aku Ingin Pulang dan Kembali ke Sekolah II.
Album
Suara Emas Sang Juara merupakan hasil dari ajang ajang Festival Vocal Group
Indomaret (FOGI) yang rutin diadakan Indomaret sejak tahun 2002. Selain
penghargaan AMI Awards, melalui Sparkling Indomaret (juara FOGI Remaja),
Indomaret meraih juara dunia, World Choir Games 2010 di China. FOGI telah
dijadikan agenda rutin sekolah dan lembaga-lembaga musik untuk menguji prestasi
di bidang seni suara.
·
Platinum Award “Suara Emas Sang Juara”
Album
yang berisi 14 lagu kumpulan anak-anak ini Dinyanyikan juara Festival Vocal
Group Indomaret (Fogi) kategori anak, remaja dan dewasa.
Pada
album ini Elfa Secioria (alm) khusus mencipta 2 lagu baru dipersembahkan untuk
Indomaret dan anak Indonesia “Mama Aku Ingin Pulang” dan “Kembali ke Sekolah 2″.
Proses
Indomaret adalah jaringan
peritel waralaba di Indonesia. Merek dagang Indomaret dipegang oleh PT.
Indomarco Prismatama.
Indomaret merupakan
jaringan Minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari
dengan luas penjualan kurang dari 200 M2. Dikelola oleh PT Indomarco
Prismatama, cikal bakal pembukaan Indomaret di Kalimantan dan toko pertama
dibuka di Ancol, Jakarta Utara, pada tahun 1988.
Tahun 1997 perusahaan
mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah Indomaret
teruji dengan lebih dari 230 gerai. Pada Mei 2003 Indomaret meraih penghargaan
“Perusahaan Waralaba 2003″ dari Presiden Megawati Soekarnoputri.
Hingga Mei 2010 Indomaret
mencapai 4261 gerai. Dari total itu 2.444 gerai adalah milik sendiri dan
sisanya 1.817 gerai waralaba milik masyarakat, yang tersebar di kota-kota di
Jabotabek, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogjakarta, Bali, Lampung dan
Medan. Di DKI Jakarta terdapat sekitar 488 gerai.
Indomaret mudah ditemukan
di daerah perumahan, gedung perkantoran dan fasilitas umum karena penempatan
lokasi gerai didasarkan pada motto “mudah dan hemat”.
Lebih dari 3.500 jenis
produk makanan dan non-makanan tersedia untuk memenuhi kebutuhan konsumen
sehari-hari.
Pada awal tahun 2011,
Indomaret mengubah logo baru, yaitu logo Indomaret di dalam kotak berwarna
merah, biru dan kuning dari atasnya.
Franchise
Indomaret
Pada tahun 1997 Indomaret memperkenalkan sistem
kemitraan kepemilikan dan pengelolaan gerai dengan cara waralaba.
Sampai Desember 2011 telah mencapai jumlah 6.000
Toko. Mitra usaha waralaba ini meliputi: koperasi, badan usaha dan perorangan.
Sistem waralaba Indomaret memperoleh penghargaan
dari Presiden Republik Indonesia sebagai Perusahaan Waralaba Nasional, pada
tahun 2003.
Tujuan
VISI
Menjadi assets nasional dalam bentuk jaringan
ritel waralaba
yang
unggul dalam persaingan global.
MISI
Dalam bekerja kami menjunjung tinggi nilai-nilai:
1.
Kejujuran, kebenaran dan keadilan
2.
Kerja sama tim
3.
Kemajuan melalui inovasi yang ekonomis
4.
Kepuasan pelanggan
Cara membeli franchise
Indomaret
Syarat-syarat yang harus dipenuhi :
1. Warga Negara Indonesia
2. Menyediakan ruang usaha
ukuran 120-150 m2 (milik sendiri/sewa)
3. Memiliki NPWP dan PKP,
serta kelengkapan perijinan lainnya
4. Investasi peralatan toko
dan biaya waralaba
Indomaret akan membantu Anda dalam menyiapkan
pengelolaan toko dalam hal :
1. Survey kelayakan tempat
usaha dan bantuan mencari lokasi
2. Perencanaan anggaran biaya
3. Studi kelayakan investasi
4. Tata ruang dan perencanaan
took
5. Pengurusan ijin usaha dan
NPWP
6. Renovasi ruang usaha
7. Pembelian peralatan took
8. Seleksi dan pelatihan
karyawan
9. Standard kerja dan sistem
penggajian karyawan
10. Paket sistem operasional
toko dan administrasi keuangan
11. Seleksi dan kredit barang
dagangan tanpa bunga dan tanpa jaminan
12. Program promosi penjualan
Keuangan
·
Biaya
Franchise Rp36.000.000 (+PPN)
·
Biaya
Investasi +/- Rp410.000.000 (Franchise Fee, Perijinan, Pembelian, Peralatan
Elektronik dan Non elektronik)
Kesimpulan
Pada prinsipnya setiap
waralaba Indomaret menjual produk-produknya dengan strategi maupun teknik
penjualan yang bagus, sehingga komoditas yang ditawarkannya dapat terjual
dengan baik. Kualitas pelayanan yang diberikan adalah merupakan kinerja
terpenting oleh perusahaan bagi kepuasan konsumen/pelanggan.
Referensi
http://id.wikipedia.org/wiki/Waralaba
http://anisaalwiyahtaha.blogspot.com/2010/10/tugas-pengantar-bisnis-kelompok.html
http://indomaret.co.id/
http://id.wikipedia.org/wiki/Indomaret
http://matahari-tips.blogspot.com/
Maryam Oktaria (25213327)
Nur Oktafiyani (26213623)
Rachmasari Octarina (27213081)
Dampak Bisnis Franchise di
Indonesia
1. Dampak Positif
Dampak positif adalah manfaat atau keunggulan yang
dapat memperoleh dari perkembangan bisnis franchise . Manfaat tersebut
merupakan keberhasilan dari segi bisnis dan sumber daya manusia karena
berkaitan dengan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi (transfer of
knowledge ang technology). Beberapa dampak positif tersebut adalah sebagai
berikut :
·
Sistem
Franchise merupakan peluang bagi franchisee untuk memulai karir di bidang
bisnis kendatipun dengan modal dan pengalaman terbatas. Peluang ini didukung
oleh persediaan bahan yang terjamin, penggunaan sebagian besar teknik penjualan
, dan terbunkanya akses ke pelatihan dan pengawasan. Goodwill pemasaran yang
diketahui secara nasional , merek dagang, dan jasa
·
Berkualitas
tinggi , tidak hanya bermanfaat bagi franchisee secara individual , tetapi juga
bagi franchisor sebagai pemilik franchise yang menghasilkan royalti.
·
Usaha
kecil / menengah cepat berkembang karena penerapan sistem kemitraan . dalam
hubungan ini , franchisee sebagai pemegang lisensi bermitra usaha dengan usaha
kecil dan menengah untuk pasokan bahan produk dan memasarkan produk siap
pakai.Dalam hubungan kemitraan , franchisee berstatus sebagai pendorong,
pengoordinasi, dan/atau pembina berkembangnya usaha kecil dan menengah.
·
Penggunaan
sumber daya manusia dan teknologi satu paket melaui lisensi franchise . Malalui
perjanjian franchise , karyawan dilatih dan bekerjaprofesional yang didukung
oleh penggunaan teknologi dalam rangka transfer of knowledge and technology.
Ini berarti ada pembinaan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia dibidang
bisnis yang didukung teknologi.
·
Bisnis
franchise kecil kemungkinan mengalami kerugian karena manajemen oleh pihak
franchisor . dalam hubungan ini , kedua belah pihak franchisor dan franchisee
menjalankan bisnis mencari keuntungan . jika franchisee berhasil memperoleh
keuntungan dari bisnisnya di bawah pengawasan franchisor yang sudah
berpengalaman, franchisor juga berhasil meraup keuntungan melalui royalti yang
diterimanya dari franchisee.
·
Tidak
perlu repot menciptakan bisnis baru karena bisnis yang akan dijalankan sudah
disiapkan oleh franchisor , yang meliputi menejemen franchise , pelatihan
karyawan profesioanl , pelayanan dan kebersihan , serta disiplin kerja yang
tinggi.
2. Dampak Negatif
Selain dari dampak positif , ada juga dampak
negatif dari bisnis franchise. Dampak negatif merupakan bentuk kerugian atau
kelemahan yang perlu diatasi/diantisipasi
agar
tidak menimbulkan kerugian lebih jauh terutama dalam rangka pengembangan sumber
daya manusia berkualitas dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dampak
negatif tersebut, antara lain :
·
Basnis
franchise dapat mematikan kreativitas penemuan baru di bidang bisnis dan
teknologi karena merasa sudah puas dengan yang ada melalui lisensi franchise.
Pihak franchisee dimanjakan oleh franchisor hanya bertumpu pada bisnis
franchise miliknya yang sudah mapan.
·
Tidak
ada upaya modifikasi bisnis karena hanya mengandalkan lisensi bisnis franchise
yang sudah baku dan harus dipatuhi oleh franchisee . Melakukan modifikasi
berarti melanggar perjanjian franchise yang akan mengakibatkan pembatalan
hubungan bisnis.
·
Teknologi
tidak berkembang karena hanya bergantung pada paket teknologi yang sudah ditetapkan
dalam lisensi franchise , Ini berarti hambatan bagi kemajuan pembangunan .
Karena lisensi farnchise harus didaftarkan , ada kemungkinan ditolak
pendaftarannya sebab melanggar asas hukum lisensi.
·
Sikap
menerima apa adanya karena dimanjakan oleh lisensi franchise . Dalam hal ini ,
pihak franchise tertutup upaya menghasilkan hak kekayaan intelektual baru
melalui penemuan bisnis dalam kurun waktu bertahun-tahun , kecuali keuntungan
ekonomi (profit) . Kalau ada penemuan baru selama menjalankan franchise ,
biasanya hak kekayaan intelektualnya menjadi milik franchisor.
·
Franchisor
sering melakukan pengawasan secara intensif terhadap perbuatan franchise
mengenai pelaksanaan bisnis franchise bersama dengan aspek-aspek lain dari
hubungan franchisor – franchisee, sehingga dapat menimbulkan masalah hukum yang
rumit (complicated).
Keuntungan Franchise Indomaret :
1.
Transformasi Pengetahuan. Bergabung dengan
Indomaret, akan banyak diperoleh pengetahuan bisnis toko modern dan sekaligus
menempatkan Anda sebagai pelaku bisnis.
2.
Potensi Pasar. Bantuan survey lokasi
dari Indomaret akan memperkaya wawasan mengenai potensi dan strategis tidaknya
suatu lokasi
3.
Tidak full tim. Dukungan sistem
operasional toko yang terintegrasi, membuat para investor tidak perlu terlibat
secara full time dalam operasional toko ataupun meninggalkan pekerjaan
sebelumnya.
4.
Peluang Berkembang. Investor dapat memiliki
lebih dari 1 (satu) unit toko dengan tingkat kesibukan yang sama dan dapat
diatur.
5.
Minimalisasi Risiko. Perencanaan matang,
mulai survey lokasi sampai dengan pembukaan toko, kecepatan distribusi dan
kelengkapan barang dagangan, serta dukungan manajemen toko yang solid akan
membantu investor dalam menekan risiko kerugian.
Sumber :
http://gobagsodorpadhangnjingglang.blogspot.com/2012/07/perjanjian-bisnis-franchise-dan.html
http://indomaret.co.id/
http://id.wikipedia.org/wiki/Indomaret
Tidak ada komentar:
Posting Komentar