Jumat, 22 November 2013

TUGAS 6

Franchise

Kata pengantar
Puji syukur Kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena berkat limpahan rahmat dan karunianya Penulis dapat menyelesaikan tugas Paper Pengantar Bisnis dengan baik dan lancar tepat pada waktunya. Paper ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas pada mata kuliah Pengantar Bisnis dan untuk mengetahui perkembangan franchise di dunia khususnya franchise Indomart di Indonesia. Penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu telah memberikan bantuan sepenuhnya dalam penyelesaian paper ini. Penulis menyadari didalam penyusunan paper ini tidaklah sempurna masih banyak terdapat kesalahan dan kekurangan dalam penulisannya. Oleh karena itu kami sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun agar penyusunan paper berikutnya akan lebih baik. Penulis berharap semoga paper ini dapat bermanfaat bagi Penulis sendiri dan khususnya bagi semua pihak.

Bab I
Pendahuluan

Latar belakang
Dalam masa pembangunan ini, pasar merupakan salah satu saranan pemasaran produk yang dibutuhkan dalam upaya pemenuhan kebutuhan manusia. Akan tetapi, di era globalisasi saat ini pasar tradisional walaupun masih dibutuhkan namun sudah kurang memadai lain sebagai sarana atau tempat belanja bagi masyarakat kota yang sudah memiliki selera dan gaya hidup moderen. Saat ini terlihat semakin banyak kecederungan masyarakat untuk memilih tempat berbelanja yang mengutamakan kenyamanan, keamanan, kelengkapan, dan untuk menghilangkan kejenuhan, persyaratan tersebut dapat kita jumpai pada minimarket.
            Di Indonesia bisnis ini terus berkembang dengan kebutuhan penduduk yang jumlahnya terus mengingkat. Salah satu bisnis ritel uang kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari adalah minimarket. Perbedaan latar belakang kebudayaan, sikap, nilai dan gaya hidup secara tidak langsung mendasari pandangan atau persepsi mereka terhadap berbagai kualitas pelayanan yang dimiliki oleh waralaba yang pada akhirnya akan turut mempengaruhi pola perilaku mereka dengan membeli suatu produk. Oleh karena itu, pihak pengusaha pasar ritel dituntut untuk memberikan suatu bentuk pelayanan yang memuaskan dan dapat memenuhi selera konsumen. Ini merupakan suatu kenyataan dan tantangan yang harus dihadapi oleh pengusaha toko waralaba  jaringan konsumen.

Tujuan
Makalah ini ditulis agar pembaca dapat mengerti tentang franchise, serta kelebihan dan kekurangan dari usaha franchise.

Bab II
Pembahasan


Proses
Di Indonesia franchise dikenal sejak era 70an ketika masuknya Shakey Pisa, KFC, Swensen dan Burger King. Perkembangannya terlihat sangat pesat dimulai sekitar 1995. Data Deperindag pada tahun 1997 mencatat sekitar 259 perusahaan penerima waralaba di Indonesia. Setelah itu, usaha franchise mengalami kemerosotan karena terjadi krisis moneter. Para penerima waralaba asing terpaksa menutup usahanya karena nilai rupiah yang terperosok sangat dalam. Hingga tahun 2000, franchise asing masih menunggu untuk masuk ke Indonesia. Hal itu disebabkan kondisi ekonomi dan politik yang belum stabili ditandai dengan perseteruan para elit politik. Barulah pada tahun 2003, usaha franchise di tanah air mengalami perkembangan yang sangat pesat.
Franchise pertama kali dimulai di Amerika oleh Singer Sewing Machine Company, produsen mesin jahit Singer pada tahun 1851. Pola itu kemudian diikuti oleh perusahaan otomotif General Motor Industry yang melakukan penjualan kendaraan bermotor dengan menunjuk distributor franchise pada tahun 1898. Selanjutnya, diikuti pula oleh perusahaan-perusahaan soft drink di Amerika sebagai saluran distribusi di AS dan negara-negara lain. Sedangkan di Inggris waralaba dirintis oleh J Lyons melalui usahanya Wimpy and Golden Egg pada dekade 60an.

Pengertian
Franchise adalah adalah hak-hak untuk menjual suatu produk atau jasa maupun layanan.
Sedangkan menurut versi pemerintah Indonesia, yang dimaksud dengan franchise adalah perikatan dimana salah satu pihak diberikan hak memanfaatkan dan atau menggunakan hak dari kekayaan intelektual (HAKI) atau pertemuan dari ciri khas usaha yang dimiliki pihak lain dengan suatu imbalan berdasarkan persyaratan yang ditetapkan oleh pihak lain tersebut dalam rangka penyediaan dan atau penjualan barang dan jasa.
Menurut Asosiasi Franchise Indonesia, yang dimaksud dengan franchise ialah suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merek, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu.

Jenis-jenis franchising
Franchising memiliki dua jenis usaha yang ada didalam maupun diluar negeri :
·         Franchising luar negri (asing), di Indonesia memiliki pewaralaba asing yang bnyak sekali menggeluti bisnis ini sebut saja contohnya : Mc Donald,  A&W,  KFC, Pizza hut, Dunkin donuts, Baski robins, dll.
·         Franchising dalam negeri (local), contohnya : Beef bowl, Indomaret, Es Teller 77, Holland bakery, dll.

Keuangan
Biaya franchise meliputi :
·         Ongkos awal, dimulai dari Rp. 10 juta hingga Rp. 1 miliar. Biaya ini meliputi pengeluaran yang dikeluarkan oleh pemilik waralaba untuk membuat tempat usaha sesuai dengan spesifikasi franchisor dan ongkos penggunaan HAKI.
·         Ongkos royalti, dibayarkan pemegang waralaba setiap bulan dari laba operasional. Besarnya ongkos royalti berkisar dari 5-15 persen dari penghasilan kotor. Ongkos royalti yang layak adalah 10 persen. Lebih dari 10 persen biasanya adalah biaya yang dikeluarkan untuk pemasaran yang perlu dipertanggungjawabkan.

Indomaret

Kegiatan
·           Beasiswa Indomaret untuk 1.500 siswa SD
Komitmen ini mendasari Indomaret setiap tahun memberikan beasiswa kepada mereka. Tahun ini beasiswa diberikan kepada 1.500 siswa di 300 SD di Jawa, Bali, Sumatera dan Sulawesi Selatan.Beasiswa berupa uang tunai dan bingkisan dan untuk sekolah  peralatan belajar mengajar.
Beasiswa di wilayah Medan diserahkan Marketing Director PT Indomarco Prismatama, Wiwiek Yusuf didampingi Branch Manager Medan, Naruji (kiri) di  SDN 064998 Medan Marelan, Medan , Selasa (4/10). Indomaret akan merenovasi gedung SDN 064998 Medan Marelan dan membuat taman sekolah. Kursi dan meja juga akan diganti  karena yang sekarang dipakai anak-anak sudah tidak layak.
·           Indomaret Galang Dana Kemanusiaan dengan PMI
Indomaret bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) menggalang dana kemanusiaan. Usai peresmian, Jusuf Kalla belanja di Indomaret  dan menyumbang program kemanusiaan ini.  Program kemanusiaan dengan PMI akan dilanjutkan dengan kegiatan pelatihan pertolongan pertama dan tanggap darurat bencana bagi karyawan Indomaret.
·           Voucher Game Online UniPin Eksklusif di Indomaret
Para pecinta game online kini mendapatkan layanan baru dengan diluncurkannya voucher game online UniPin oleh PT 24 Jam Online bersama dengan Indomaret di Jakarta, Selasa (19/7). Voucher Game Online UniPin ini hanya tersedia eksklusif di Indomaret.
Berbeda dengan game online lainnya, setiap mengisi ulang voucher UniPin para gamers akan memberikan kontribusi terhadap pelestarian lingkungan. Peluncuran ini juga ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman untuk program pelestarian lingkungan hidup.
Marketing Director PT. Indomarco Prismatama, Wiwiek Yusuf mengatakan, Indomaret hadir dengan memberikan kemudahan dan menambah fasilitas untuk anak muda dalam penyediaan voucher UniPin. Dengan jaringan lebih dari 5482 gerai Indomaret angka Rp. 1 milyar adalah angka optimis bisa terpenuhi. Voucher UniPin diterbitkan dalam 4 varian, 10.000, 20.000, 50.000 dan 100.000.
·           Album Indomaret Raih 3 AMI Awards
Album Indomaret “Suara Emas Sang Juara” meraih 3 penghargaan Anugrah Musik Indonesia (AMI) Awards, Rabu Malam (6/7). Pada perhelatan AMI ke-14 ini Album Indomaret mendapat 6 nominasi terbaik kategori Artis solo wanita, Kolaborasi grup Ashira Brothers, juara FOGI Dewasa, The Ladies, juara FOGI Remaja, Fortunate Kids, juara FOGI anak-anak, Pencipta lagu anak (lagu Mama, Aku Ingin Pulang), Produser/Penata musik (lagu Burung Berkicau).
Suara Emas Sang Juara terdiri dari kumpulan lagu anak-anak terpopuler yang di aransemen ulang oleh Elfa Secioria (alm) dan terdapat 2 lagu karyanya terakhir, Mama, Aku Ingin Pulang dan Kembali ke Sekolah II.
Album Suara Emas Sang Juara merupakan hasil dari ajang ajang Festival Vocal Group Indomaret (FOGI) yang rutin diadakan Indomaret sejak tahun 2002. Selain penghargaan AMI Awards, melalui Sparkling Indomaret (juara FOGI Remaja), Indomaret meraih juara dunia, World Choir Games 2010 di China. FOGI telah dijadikan agenda rutin sekolah dan lembaga-lembaga musik untuk menguji prestasi di bidang seni suara.
·         Platinum Award “Suara Emas Sang Juara”
Album yang berisi 14 lagu kumpulan anak-anak ini Dinyanyikan juara Festival Vocal Group Indomaret (Fogi) kategori anak, remaja dan dewasa.
Pada album ini Elfa Secioria (alm) khusus mencipta 2 lagu baru dipersembahkan untuk Indomaret dan anak Indonesia “Mama Aku Ingin Pulang” dan “Kembali ke Sekolah 2″.

Proses
Indomaret adalah jaringan peritel waralaba di Indonesia. Merek dagang Indomaret dipegang oleh PT. Indomarco Prismatama.
Indomaret merupakan jaringan Minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas penjualan kurang dari 200 M2. Dikelola oleh PT Indomarco Prismatama, cikal bakal pembukaan Indomaret di Kalimantan dan toko pertama dibuka di Ancol, Jakarta Utara, pada tahun 1988.
Tahun 1997 perusahaan mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah Indomaret teruji dengan lebih dari 230 gerai. Pada Mei 2003 Indomaret meraih penghargaan “Perusahaan Waralaba 2003″ dari Presiden Megawati Soekarnoputri.
Hingga Mei 2010 Indomaret mencapai 4261 gerai. Dari total itu 2.444 gerai adalah milik sendiri dan sisanya 1.817 gerai waralaba milik masyarakat, yang tersebar di kota-kota di Jabotabek, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Yogjakarta, Bali, Lampung dan Medan. Di DKI Jakarta terdapat sekitar 488 gerai.
Indomaret mudah ditemukan di daerah perumahan, gedung perkantoran dan fasilitas umum karena penempatan lokasi gerai didasarkan pada motto “mudah dan hemat”.
Lebih dari 3.500 jenis produk makanan dan non-makanan tersedia untuk memenuhi kebutuhan konsumen sehari-hari.
Pada awal tahun 2011, Indomaret mengubah logo baru, yaitu logo Indomaret di dalam kotak berwarna merah, biru dan kuning dari atasnya.

Franchise Indomaret
Pada tahun 1997 Indomaret memperkenalkan sistem kemitraan kepemilikan dan pengelolaan gerai dengan cara waralaba.
Sampai Desember 2011 telah mencapai jumlah 6.000 Toko. Mitra usaha waralaba ini meliputi: koperasi, badan usaha dan perorangan.
Sistem waralaba Indomaret memperoleh penghargaan dari Presiden Republik Indonesia sebagai Perusahaan Waralaba Nasional, pada tahun 2003.

Tujuan
VISI
Menjadi assets nasional dalam bentuk jaringan ritel waralaba
yang unggul dalam persaingan global.
MISI
Dalam bekerja kami menjunjung tinggi nilai-nilai:
1.      Kejujuran, kebenaran dan keadilan
2.      Kerja sama tim
3.      Kemajuan melalui inovasi yang ekonomis
4.      Kepuasan pelanggan

Cara membeli franchise Indomaret
Syarat-syarat yang harus dipenuhi :
1.     Warga Negara Indonesia
2.    Menyediakan ruang usaha ukuran 120-150 m2 (milik sendiri/sewa)
3.    Memiliki NPWP dan PKP, serta kelengkapan perijinan lainnya
4.    Investasi peralatan toko dan biaya waralaba

Indomaret akan membantu Anda dalam menyiapkan pengelolaan toko dalam hal :
1.     Survey kelayakan tempat usaha dan bantuan mencari lokasi
2.    Perencanaan anggaran biaya
3.    Studi kelayakan investasi
4.    Tata ruang dan perencanaan took
5.    Pengurusan ijin usaha dan NPWP
6.    Renovasi ruang usaha
7.    Pembelian peralatan took
8.    Seleksi dan pelatihan karyawan
9.    Standard kerja dan sistem penggajian karyawan
10. Paket sistem operasional toko dan administrasi keuangan
11.  Seleksi dan kredit barang dagangan tanpa bunga dan tanpa jaminan
12. Program promosi penjualan

Keuangan
·         Biaya Franchise Rp36.000.000 (+PPN)
·         Biaya Investasi +/- Rp410.000.000 (Franchise Fee, Perijinan, Pembelian, Peralatan Elektronik dan Non elektronik)

Kesimpulan
Pada prinsipnya setiap waralaba Indomaret menjual produk-produknya dengan strategi maupun teknik penjualan yang bagus, sehingga komoditas yang ditawarkannya dapat terjual dengan baik. Kualitas pelayanan yang diberikan adalah merupakan kinerja terpenting oleh perusahaan bagi kepuasan konsumen/pelanggan.
Referensi
http://id.wikipedia.org/wiki/Waralaba
http://anisaalwiyahtaha.blogspot.com/2010/10/tugas-pengantar-bisnis-kelompok.html
http://indomaret.co.id/
http://id.wikipedia.org/wiki/Indomaret
http://matahari-tips.blogspot.com/

Maryam Oktaria  (25213327)
Nur Oktafiyani    (26213623)
Rachmasari Octarina    (27213081)


Dampak Bisnis Franchise di Indonesia

1.   Dampak Positif
Dampak positif adalah manfaat atau keunggulan yang dapat memperoleh dari perkembangan bisnis franchise . Manfaat tersebut merupakan keberhasilan dari segi bisnis dan sumber daya manusia karena berkaitan dengan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi (transfer of knowledge ang technology). Beberapa dampak positif tersebut adalah sebagai berikut :
·         Sistem Franchise merupakan peluang bagi franchisee untuk memulai karir di bidang bisnis kendatipun dengan modal dan pengalaman terbatas. Peluang ini didukung oleh persediaan bahan yang terjamin, penggunaan sebagian besar teknik penjualan , dan terbunkanya akses ke pelatihan dan pengawasan. Goodwill pemasaran yang diketahui secara nasional , merek dagang, dan jasa
·         Berkualitas tinggi , tidak hanya bermanfaat bagi franchisee secara individual , tetapi juga bagi franchisor sebagai pemilik franchise yang menghasilkan royalti.
·         Usaha kecil / menengah cepat berkembang karena penerapan sistem kemitraan . dalam hubungan ini , franchisee sebagai pemegang lisensi bermitra usaha dengan usaha kecil dan menengah untuk pasokan bahan produk dan memasarkan produk siap pakai.Dalam hubungan kemitraan , franchisee berstatus sebagai pendorong, pengoordinasi, dan/atau pembina berkembangnya usaha kecil dan menengah.
·         Penggunaan sumber daya manusia dan teknologi satu paket melaui lisensi franchise . Malalui perjanjian franchise , karyawan dilatih dan bekerjaprofesional yang didukung oleh penggunaan teknologi dalam rangka transfer of knowledge and technology. Ini berarti ada pembinaan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia dibidang bisnis yang didukung teknologi.
·         Bisnis franchise kecil kemungkinan mengalami kerugian karena manajemen oleh pihak franchisor . dalam hubungan ini , kedua belah pihak franchisor dan franchisee menjalankan bisnis mencari keuntungan . jika franchisee berhasil memperoleh keuntungan dari bisnisnya di bawah pengawasan franchisor yang sudah berpengalaman, franchisor juga berhasil meraup keuntungan melalui royalti yang diterimanya dari franchisee.
·         Tidak perlu repot menciptakan bisnis baru karena bisnis yang akan dijalankan sudah disiapkan oleh franchisor , yang meliputi menejemen franchise , pelatihan karyawan profesioanl , pelayanan dan kebersihan , serta disiplin kerja yang tinggi.

2.  Dampak Negatif
Selain dari dampak positif , ada juga dampak negatif dari bisnis franchise. Dampak negatif merupakan bentuk kerugian atau kelemahan yang perlu diatasi/diantisipasi
agar tidak menimbulkan kerugian lebih jauh terutama dalam rangka pengembangan sumber daya manusia berkualitas dan pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dampak negatif tersebut, antara lain :
·         Basnis franchise dapat mematikan kreativitas penemuan baru di bidang bisnis dan teknologi karena merasa sudah puas dengan yang ada melalui lisensi franchise. Pihak franchisee dimanjakan oleh franchisor hanya bertumpu pada bisnis franchise miliknya yang sudah mapan.
·         Tidak ada upaya modifikasi bisnis karena hanya mengandalkan lisensi bisnis franchise yang sudah baku dan harus dipatuhi oleh franchisee . Melakukan modifikasi berarti melanggar perjanjian franchise yang akan mengakibatkan pembatalan hubungan bisnis.
·         Teknologi tidak berkembang karena hanya bergantung pada paket teknologi yang sudah ditetapkan dalam lisensi franchise , Ini berarti hambatan bagi kemajuan pembangunan . Karena lisensi farnchise harus didaftarkan , ada kemungkinan ditolak pendaftarannya sebab melanggar asas hukum lisensi.
·         Sikap menerima apa adanya karena dimanjakan oleh lisensi franchise . Dalam hal ini , pihak franchise tertutup upaya menghasilkan hak kekayaan intelektual baru melalui penemuan bisnis dalam kurun waktu bertahun-tahun , kecuali keuntungan ekonomi (profit) . Kalau ada penemuan baru selama menjalankan franchise , biasanya hak kekayaan intelektualnya menjadi milik franchisor.
·         Franchisor sering melakukan pengawasan secara intensif terhadap perbuatan franchise mengenai pelaksanaan bisnis franchise bersama dengan aspek-aspek lain dari hubungan franchisor – franchisee, sehingga dapat menimbulkan masalah hukum yang rumit (complicated).

Keuntungan Franchise Indomaret :

1.  Transformasi Pengetahuan. Bergabung dengan Indomaret, akan banyak diperoleh pengetahuan bisnis toko modern dan sekaligus menempatkan Anda sebagai pelaku bisnis.
2.  Potensi Pasar. Bantuan survey lokasi dari Indomaret akan memperkaya wawasan mengenai potensi dan strategis tidaknya suatu lokasi
3.  Tidak full tim. Dukungan sistem operasional toko yang terintegrasi, membuat para investor tidak perlu terlibat secara full time dalam operasional toko ataupun meninggalkan pekerjaan sebelumnya.
4.  Peluang Berkembang. Investor dapat memiliki lebih dari 1 (satu) unit toko dengan tingkat kesibukan yang sama dan dapat diatur.
5.  Minimalisasi Risiko. Perencanaan matang, mulai survey lokasi sampai dengan pembukaan toko, kecepatan distribusi dan kelengkapan barang dagangan, serta dukungan manajemen toko yang solid akan membantu investor dalam menekan risiko kerugian.

Sumber        :
http://gobagsodorpadhangnjingglang.blogspot.com/2012/07/perjanjian-bisnis-franchise-dan.html
http://indomaret.co.id/
http://id.wikipedia.org/wiki/Indomaret


Tidak ada komentar:

Posting Komentar